top of page

Cara Memperbaiki Stroller Hybrid Cabi | Budget 100 Ribu Saja.

Sisi positif dari project restorasi ini bukan hanya berhasil merubah tampilan stroller jadi lebih baik dengan biaya murah, tapi juga jadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil.

Beberapa minggu lalu kami cerita pengalaman kami memakai Stroller Hybrid Cabi selama 4 tahun. Sisi positif dan negatifnya. Kalau kalian belum lihat bisa cek disini : Ulasan Stroller Hybrid Cabi Setelah 4 Tahun Pemakaian


Di post itu kami cerita salah satu kelemahan dari Stroller Hybrid Cabi adalah kulit imitasinya yang mengelupas dan bener-bener bikin travel kita ga enak. Semua lapisan kulit dari stroller ini mengelupas seiring berjalannya waktu.


Sesuai post yang sebelumnya, kita sudah coba bawa ke beberapa tempat dan ini total biaya yang mereka minta jauh melebihi budget kami untuk memperbaiki stroller ini.

  • Biaya servis resmi / mengganti komponen dari Hybrid Cabi Indonesia - Rp 1,7 juta

  • Biaya servis di tempat reparasi, mengganti dengan kulit asli - Rp 1,3 juta

Bisa dibayangkan, betapa tidak rela-nya kami harus mengeluarkan lebih dari 30% harga stroller hanya untuk memperbaiki lapisan kulitnya. Wow enggak deh !


Tapi...kalau tidak diperbaiki, beneran mengganggu banget terutama waktu travel, lapisan kulitnya kesebar dimana-mana. Jadilah kita cari cara sendiri, gimana sih memperbaiki ini atau paling tidak mengatasi kelemahan Stroller Hybrid Cabi ini, tentunya harus dengan biaya minim.


Setelah trial error, kita ketemu caranya, tidak hanya mengatasi kelemahan dari stroller ini, tapi bikin penampilannya jadi beda, bahkan Lebih Baik. Dan yang bikin hepi, biayanya murah banget, gak sampe 100 ribu. PLUS aktivitas memperbaiki stroller ini bisa jadi aktivitas yang menyenangkan bersama si kecil lho !



Alat yang Diperlukan untuk Perbaikan Stroller Hybrid Cabi


Ada beberapa alat yang kalian butuhkan untuk memulai project ini. Tenang, tidak ribet kok, ini daftarnya serta perkiraan biayanya

  • Amplas Duco 150 & 360. Sekitar Rp 5.000

  • Sikat Suede / Suede Brush (Opsional). Sekitar Rp 25.000

  • Grip raket - 4 lembar. Sekitar Rp 50.000

  • Sikat / kuas

  • Obeng & gunting

  • Opsional : vacuum cleaner / sapu

  • Opsional : suede water stop

Gimana ? simple banget kan alatnya. Seperti yang kita katakan di atas, project ini bisa jadi aktivitas yang seru bersama si kecil lho. Beberapa minggu lalu kami menghabiskan sabtu siang untuk proses restorasi stroller ini, bersama si kecil. Super seru, si kecil semangat banget bantu sana sini penuh debu, dan setelah jadi kita bertiga puas banget dan hepi.


Langkah 1

Sebelum kita memulai langkah pertama, kalian harus tahu bahwa kulit yang mengelupas itu memiliki 3 lapisan (setidaknya menurut kami) :

  • Lapisan pertama : kulit imitasi

  • Lapisan kedua : entah ini lapisan kulit atau lem berwarna abu2 yang selalu rontok kemana-mana

  • Lapisan ketiga : lapisan terakhir dengan tekstur seperti suede


Nah langkah pertama adalah menghilangkan semua lapisan pertama (kulit berwarna coklat) dan lapisan kedua, yang kita inginkan adalah hanya lapisan ketiga (lapisan suede).


Caranya adalah dengan menggosok semuanya dengan amplas atau dengan sikat suede. Kalian bisa menggunakan amplas paling kasar atau sikat kasar untuk menghapus lapisan pertama dan kedua. Lakukan ini kesemua bagian yang mengelupas (pegangan atas, pegangan T, dudukan, dan canopy)



Tips : kalau bisa pakai masker, debunya banyak banget dan kemana-mana.

Si kecil suka banget proses ini, dan yes dia wajib pakai masker ya, supaya debu-debu ini tidak terhirup.




Ingat, di langkah ini kalian harus agak telaten untuk membersihkan lapisan keduanya sampai benar-benar bersih. Kalian bisa terus amplas / sikat sampai lapisan tersebut terasa seperti kain suede, cirinya adalah halus dan tidak berdebu. Berikut perbandingan bagian dudukan sebelum dan sesudah.



Setelah proses ini selesai, kalian akan mendapat wajah baru. Lapisan kulit imitasi yang mengelupas tadi akan berubah menjadi lapisan halus seperti suede. Lapisan ini jauh lebih baik dari sisi texture dan tampilan, dibanding dengan kulit imitasi yang retak.


Opsional, salah satu kelemahan kalau di lapisan ini adalah kalau kena air, jadi kalau mau aman kalian bisa semprot cairan khusus suede supaya anti air, kami tidak melakukannya karena sampai sekarang tidak pernah kena air dan tidak pernah kena hujan.



Langkah 2

Setelah selesai menghilangkan lapisan kulit sintetis berikutnya adalah memberi lapisan baru untuk handle di atas. Di awal kami berusaha mencari aneka macam bahan yang cocok untuk handle atas, mulai dari kain stir, busa untuk pancing, stiker kulit sintetis, hingga busa sepeda/alat fitness. Sesuai petunjuk hybrid stroller Indonesia, mereka menawarkan untuk menggunakan cover dengan resleting, kami mempertimbangkan juga hal tersebut tapi setelah melihat hasilnya di milik orang lain, kami mundur - hasilnya tidak terlalu bagus dari sisi kenyamanan dan estetik.


Setelah cari kesana kemarin, timbulah ide untuk menggunakan grip raket badminton. Alasannya ?

  • Murah meriah, 1 lembar grip hanya sekitar 10 ribu saja untuk kualitas yang sudah lumayan

  • Grip ada yang versi dengan tulang, ini enak banget buat pegangan stroller, tidak licin dan grip banget

  • Pemasangan bisa dibilang mudah dan tidak merusak lapisan di dalamnya

  • Kalau bosan atau mau berkreasi, ada banyak warna yang disediakan di pasaran



Cara pakainya gampang banget kok. Setelah kalian memastikan tidak ada debu di pegangan, dan lapisan pertama dan kedua sudah hilang dan benar-benar bersih, kalian bisa mulai melapisi gagang stroller dengan grip ini. Pelan-pelan saja, pastikan grip terpasang dengan baik dan menjaga agar tidak lepas. Dari pengalaman kami dibutuhkan 4 lembar grip untuk pegangan bagian atas.


Gimana kalau lapisan atas tidak usah dihilangkan, tapi langsung dilapisi ? Kalian bisa melakukan itu tapi kami tidak saran karena kalau ada debu dan lapisan atasnya itu akan membuat pemasangan grip jadi tidak kencang sehinnga gampang sekali lepas.




Sejak kami ganti menjadi grip ini, stroller ini sudah kami coba ke beberapa tempat seperti di mall, taman, dll. Hasilnya ? enak banget, malah lebih enak dari pegangan aslinya yang dari kulit imitasi. Sisi positif lainnya, kalau dikasi gantungan juga lebih nge-grip. Tampilannya pun berubah, jadi lebih premium menurut kami.


Langkah 3

Langkah ini kami khususkan untuk pegangan T, atau pegangan si kecil dibawah. Pada pegangan ini kalian bisa melakukan hal yang sama seperti pegangan di atas, melapisi dengan grip.

Tapi kami lebih memilih untuk melepas lapisan kulit seluruhnya, sehingga hanya tinggal rangka saja. Cara melepasnya cukup mudah, cukup pakai obeng kecil, setelah bagian tersebut lepas kalian bisa menggunting bagian kulitnya sehinngga terlihat bagian rangkanya.


Berikut perbandingan sebelum dan sesudah :




Dapat kalian lihat diatas, bagian rangkanya sebenarnya baik juga. Halus, sehingga aman bagi si kecil, dan juga secara estetik lebih baik. Tenang, si kecil tidak ada komplain sama sekali kok, benar-benar aman.


Ada 1 bagian kulit imitasi lagi, yaitu dibagian sandaran kepala. Apabila milik kalian juga sudah mengelupas kalian bisa melakukan hal yang sama. Milik kami masih belum mengelupas dan juga kami selalu menggunakan alas stroller Comfy jadi tidak terlalu pengaruh di bagian tersebut.



Siap Travel Lagi

Project restorasi ini benar-benar membuat keluarga kami happy. Tidak hanya kami berhasil mengatasi kelemahan stroller Hybrid Cabi ini dengan biaya minim, tapi juga menurut kami secara tampilan malah lebih unik dan better. Sisi plus lainnya project ini menjadi family project sekaligus aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil. Kami berharap cerita ini bisa berguna juga bagi kalian ya.


Setelah beres, siap travel lagi yuk, travel yang lagi promo kemana ya ??








Comments


bottom of page