top of page

Ulasan Kelebihan Kelemahan Baby Ktan | BONUS : 6 Fungsi Lain Baby Ktan yang Berguna Bagi Kalian

Updated: Jul 11, 2022

Baby K'tan dibuat oleh dua orang inspiratif, yang pada awalnya membuat gendongan ini untuk anak mereka yang berkebutuhan khusus


Cerita kali ini agak sedikit mundur ke belakang, ke beberapa tahun lalu waktu si kecil lahir. Kebetulan kami tidak pakai nanny/suster, dan tangan kami juga bukan tangan yang kuat untuk selalu digunakan menggendong si kecil - jadi alternatifnya : BELI GENDONGAN.

Dan masalah baru muncul, kalian tahu bahwa gendongan itu buanyak banget jenisnya, ada yg kain, ada yg bahannya mirip tas, untuk mereknya apalagi - mulai dari yang 50ribu sampai yang jutaan juga ada. Ini harus pakai yang mana ?


Di saat pencarian, ada sempat kepikir untuk beli kain gendongan ala jaman dulu yang sekarang tetap exis - kain sewek / jarik - ini kami pastikan adalah kain legendaris yang dipakai hampir semua bayi di tahun 90an termasuk kami. Kalau dipikir, kain sewek ini sebenarnya bisa dikatakan warisan budaya juga, motifnya selalu menarik dan beberapa dibuat hand made alias manual, dan kelebihan lainnya adalah kalau sudah dipakai sering kain akan menipis menjadi super lembut. Mungkin faktor ini juga yang bikin banyak bayi lebih suka digendong pakai kain sewek.


Tapi ok masak kita tidak mau mencoba barang baru, masak sih ga ada inovasi untuk gendongan. itu yang di benak kami. Setelah pencarian kesana-kemari, strolling instagram dan tanya rekomendasi temen, akhirnya kami putuskan untuk coba - Baby Ktan.


Apa itu Baby Ktan ?


Baby K'tan ini adalah produk dari perusahaan asal Amerika (USA) bernama serupa yang didirikan oleh 2 orang - Michal Chesal & Isaac Wernick. Sedikit cerita inspiratif : mereka berdua sebenarnya memiliki persamaan, keduanya memiliki anak berkebutuhan khusus dan mereka sangat sayang ke anak mereka. Karena anak mereka berkebutuhan khusus, mereka ingin terus dekat dengan anak mereka, dan mereka terus mencari produk gendongan yang aman bagi anak mereka. Di awal pencarian mereka tidak dapat menemukan gendongan yang pas dan memenuhi kebutuhan dari anak mereka. Solusinya ? Mereka akhirnya merancang sendiri produknya. Mereka mendesain produk dimana tidak hanya praktis, namun mereka ingin menciptakan ikatan yang kuat antara bayi dan ortu.


Baby K'tan ini adalah produk gendongan yang bisa dibilang menarik. Gendongan ini selain nyaman karena menggunakan bahan kain, gendongan ini juga multi fungsi - kalian bisa gunakan hingga 5 posisi mulai tidur, hadap depan, hadap belakang dll. Kita sendiri kebetulan punya 2 jenis, trims ke temen kantor kita yang ngasi kado 1 dan 1 lagi kita beli sendiri. Kenapa 2 ? karena baby ktan ini mirip baju, ada sizenya. Kalau yang punya hanya mama, takutnya dijadiin alesan sama papa untuk engga gendong baby-nya karena gak punya. Hehe...

Kita sendiri pakai yang Baby K'tan Original dan Baby K'tan Breeze. Tidak terlalu beda keduanya, hanya jenis kainnya saja. Kita mulai bahas yuk gendongan ini.


Desain Baby K'tan


Desain adalah salah satu pertimbangan kami juga dalam memilih gendongan, tapi tetap pertimbangan utamanya selalu keamanan! Tapi tidak bisa bohong, dari sisi desain, gendongan ini menarik dan well designed. Desainnya sangat simple, warnanya basic jadi pasti cocok dengan outfit apapun kalau mau kalian pakai jalan.


Baby K'tan ini sebenarnya terdiri dari 2 kain berbentuk lingkaran yang terhubung satu sama lain, seperti cincin. Untuk pemakaiannya sendiri, di awal memang agak susah karena kita belum tahu dan sering salah lubang, tapi setelah beberapa kali - wow gampang banget.



Seperti kita katakan di awal bahwa gendongan ini multi fungsi - sebuah kata yang selalu kita cari kalau beli barang. Entah kenapa kalau sudah dengar multi fungsi kita beranggapan akan menerima value yang lebih dari yang kita bayarkan. Gendongan ini bisa kalian gunakan hingga 5 posisi menggendong.



Dari sisi keamanan, karena penggunaanya di-silang sehingga "mengunci" bayi untuk selalu di depan dada kita maka kami merasa aman. Satu hal menarik adalah wadah atau kantong dari baby K'tan ini juga berfungsi sebagai extra layer of safety, alias bisa digunakan untuk lebih mengamankan posisi bayi.



Kualitas Material / Build Quality Baby K'tan



Dari sisi kualitas materialnya bisa dibilang sangat baik, kainnya lembut sejak awal beli dan juga stretch-able alias bisa melar. Untuk yang tipe original, bahannya mirip bahan katun yang biasa digunakan untuk tshirt. Sementara untuk yang Breeze, bahannya ada campuran mesh, dan agak berjaring karena gendongan dirancang supaya lebih banyak angin dapat masuk dan bayi tidak terlalu panas, jadi cocok nih kalau mau bawa bayi ke pantai. Tipe Baby Ktan sebenarnya tidak hanya 2 ini, kalau kalian cek situs mereka, ada banyak pilihan material yang bisa kalian pilih. Bahannya sendiri di klaim alami dan bebasi kimia.


Untuk beratnya diklaim bisa menahan berat antara 2 sampai15 kg. Kami sendiri belum pernah menggunakan sampai 15 kg karena belum 15 kg putri kami sudah maunya jalan sendiri dan lari-lari. Yah ada untungnya anak aktif - ortu bebas gendong


Ulasan Kelebihan & Kelemahan Baby K'tan



Ulasan Kelebihan Baby K'tan
  • Desainnya menarik, ringkas, gampang disimpan dan gampang masuk tas

  • Multi fungsi hingga 5 posisi menggendong

  • Kualitas bahan bagus dan bisa stretch

  • Mudah dicuci juga, kami sarankan kalau pakai mesin cuci pilih yang mode untuk baby clothes atau yang paling ringan.

  • Bayi merasa nyaman di dalam dan cenderung hangat. Ada penyangga posisi kepala juga.

  • Karena sistemnya, gendongan ini tidak hanya membebani pundak kalian tapi terbagi dengan pinggang kalian jadi sedikit lebih ringan

  • Nyaman dipakai dari sisi ortu

Ulasan Kelemahan Baby K'tan
  • Karena bahannya dari kain sehingga terkadang menggulung di pinggang kalian apalagi kalau dipakai dalam waktu lama atau bayi terus bergerak

  • Ketika dipakai dalam waktu lama, yang sakit dahulu biasanya di bagian pinggang karena gulungan kain tadi yg memberikan tekanan extra.

  • Harganya relatif agak mahal dibandingkan gendongan kain lainnya



Itulah ulasan / review kami untuk gendongan bayi Baby Ktan. Kalau dari kami sendiri, kami sangat merekomendasikan karena kami menggunakannya bertahun-tahun. Tapi sebenarnya karena bahannya dan bentuknya, Baby Ktan ini bagi kami juga memiliki fungsi lain lho selain hanya gendongan, terutama di saat urgent ketika kalian travel. Tips dibawah ini merupakan tips kami pribadi bukan resmi dari Baby Ktan ya.


6 FUNGSI LAIN BABY KTAN SELAIN SEBAGAI GENDONGAN :
  1. Sebagai selimut atau mantel bayi. Bayi sedang tidur dan kalian merasa selimut bayi tidak cukup hangat ? rentangkan saja baby ktan diatas bayi untuk menambah kehangatan. Pastikan tidak membahayakan bayi, selalu awasi

  2. Sebagai bantal bayi. Ketika baby ktan dimasukkan ke dalam wadahnya, baby ktan ini menyerupai bantal yang bisa digunakan si kecil apabila mereka sudah cukup dewasa. Tips ini tidak cocok untuk bayi baru lahir ya.

  3. Sebagai alas stroller. Kalian merasa strollernya terlalu dingin atau bahannya kok sepertinya kasar, rentangkan saja baby ktan diatasnya. Kembali lagi selalu awasi agar tidak membahayakan bayi

  4. Sebagai penutup waktu menyusui. Bayi sudah rewel dan kalian para mommy tercinta tidak di situasi dan kondisi siap untuk menyusui, daripada menyuruh papa menutupi gunakan saja Baby Ktan ini sebagai penutup

  5. Sebagai alas ganti popok. Dalam kondisi urgent, dan ketika kalian tidak membawa tatakan untuk alas ganti si kecil, Baby Ktan juga dapat berfungsi sebagai alas ganti popok.

  6. Sebagai mainan anak. Tips yang terakhir khusus bagi anak yang sudah bisa berjalan / berlari, gunakan sedikit kreativtas dengan baby ktan dan beberapa alat di rumah maka kalian dapat membuat mainan ketangkasan untuk si kecil.


Baik itulah ulasan kami mengenai Baby Ktan ini. Walaupun agak sedikit mahal tapi bener-benar berguna bagi kami setelah si kecil lahir. Semoga ulasan ini juga berguna bagi kalian ya.

Kalau kalian mau mengunjungi situs resmi mereka bisa langsung klik disini


Sampai jumpa di post berikutnya, kami juga memiliki Instagram dimana kami share lebih banyak hal.


bottom of page