top of page

Ulasan Stroller Hybrid Cabi Setelah 4 Tahun Pemakaian | Apa kelebihan dan kelemahannya ?

"Stroller bisa jadi biaya tapi bisa juga jadi investasi. Apa bedanya ?"

Waktu si kecil mau lahir, di 2018, kita sebagai ortu sama seperti kalian sedang bingung cari stroller. Stroller ini kalau kita lihat dari temen-temen kita yang sudah punya anak ibarat penyelemat mereka, terutama kalau lagi jalan-jalan atau travel. Ok memang betul sudah ada gendongan, tapi bayangkan menggendong bayi selama 1 jam vs bayi di stroller selama 1 jam ? Well opsi terakhir sepertinya lebih menarik ya bund.



Beragam opini di sekitar kita perihal stroller ini. Ada yang bilang cari yang biasa aja, yang paling murah, toh cuma dipakai sebentar, setelah si kecil bisa jalan juga mereka jarang mau duduk di stroller, maunya lari-lari, stroller cuma berguna di awal...hmm bener juga.

Tapi ada yang bilang kalau beli stroller yang bagusan sekalian, dan yang bisa sampai si kecil agak gedean. Toh kalau misal dipakai sampai 5 tahun ga akan terlalu kerasa walaupun agak mahal. Bener waktu mereka gede mereka maunya lari-lari, tapi gimana kalau mereka tidur waktu lagi jalan-jalan ? siap gendong ?...hmm ini juga bener.


Setelah menimbang kanan-kiri (dan cek marketplace kali-kali ada promo atau diskon) kita memutuskan untuk beli Stroller Hybrid Cabi by Babystyle. Apa pertimbangannya waktu itu ? Kalau pertimbangan waktu itu ya :

  • Mid range/kelas menengah. Bukan barang murah tapi juga bukan barang premium yang mahal sekali

  • Cocok untuk travel, karena bisa dilipat dan dibawa ke pesawat

  • Bisa dari bayi baru lahir sampai ke anak berat 25kg

  • Desainnya OK

TAPI, setelah kita pakai selama 4 tahun terakhir, apa masih suka dengan Stroller Hybrid Cabi ? Semakin merekomendasikan atau malah menyesal beli stroller ini ? Yuk kita ulas yuk


Apa itu Stroller Hybrid Cabi

Stroller Hybrid Cabi ini adalah salah satu produk dari Baby Style, yang menurut situs mereka adalah perusahaan berbasis di Inggris/UK. Kembali menurut situs mereka, Stroller Hybrid Cabi ini dirancang untuk memiliki desain yang elegan, stylish, ringkas serta aman dan nyaman bagi penggunanya. Waktu kita beli di 2018, Stroller ini sempat hits banget - terima kasih kepada kekuatan Instagram dan para mommy influencer yang dengan setia penuh senyuman mempromosikan produk ini.



Selama 4 tahun terakhir, stroller ini sudah kami bawa kemana-mana. Mulai dari yang paling dekat, ke mall, sampai travel ke dalam dan luar negri. Di karenakan pandemi, kami sempat agak jarang pakai ini di 2020-2021 awal, sebelum kami mulai travel kembali. Terakhir kami pakai travel di bulan Juni lalu ke Singapore.



Banyak plus minus dari Stroller Hybrid Cabi ini yang kita rasakan selama 4 tahun terakhir. Kita akan share semuanya disini, kita ulas satu-satu ya.


 

Kelebihan Stroller Hybrid Cabi


Selama pemakaian 4 tahun terakhir, Stroller ini bisa dikatakan membantu banget hidup kita sebagai orang tua terutama di waktu travel atau sekedar jalan-jalan. Kalau boleh kita persingkat, beberapa kelebihan yang kita rasakan langsung itu ini :


Ringkas & Tidak Terlalu Berat

Stroller ini tidak terlalu berat, sekitar 7kg saja, diluar aksesoris tambahan. Kelebihan utama dari stroller ini bisa dilipat dan gampang lipatnya. Ini membantu banget untuk penyimpanannya


Alas Duduk Bisa Diatur

Alas duduk dari stroller ini bisa diatur mulai dari newborn sampai berat 25kg. Ini bisa dikatakan investasi karena sekali beli bisa dipakai lama (kalau tidak rusak). Si kecil pun sudah pakai ini sejak dia baru lahir sampai sekarang. Pengaturan posisinya pun tidak rumit, cukup via tali di belakang



Canopy dan Jendela

Canopy-nya bisa dibuka tutup dan menurut situsnya sudah UV Protection. Lalu ada juga jendela yang bisa dibuka tutup menggunakan resleting, ini berguna banget waktu si kecil masih baby, supaya kita tahu dan waspada kalau sampai si kecil salah posisi tidur, memasukkan sesuatu ke mulut atau aktivitas lain yang membahayakan.



Rem Depan Belakang

Rem untuk mengunci stroller ini ada 2, di depan dan belakang. Ini berguna juga untuk benar-benar mengunci posisi stroller. Kami merasakan manfaat rem ini baru waktu si kecil sudah mulai dewasa dan banyak gerak, tahu sendiri kan anak kecil gimana - kalau mereka tidak bisa diam, mereka benar2 tidak bisa diam dan kadang ini agak bahaya kalau di stroller.




Fitur ini juga berguna kalau waktu travel di jalanan miring atau sedang di dalam kereta atau MRT. Yup kita sendiri saja kalau di dalam MRT yang cepet agak limbung dan mau jatuh, apalagi stroller yang ada rodanya. Fitur ini membantu sekali.


Stroller Cover, Rain Cover & Cabin Size

Stroller ini waktu kita beli sudah dilengkapi cover bawaan dan rain cover untuk hujan. Sampai sejauh ini sih kami belum pernah pakai yang rain cover karena belum pernah hujan-hujan pakai stroller. Pertanyaan umum yang biasanya sering ditanyakan itu ini.


Apa Stroller Hybrid Cabi boleh masuk kabin pesawat ?

Yes, ya dan bisa. Ini sudah kami buktikan juga beberapa kali di aneka macam maskapai. Stroller Hybrid Cabi pas ukurannya dengan ruang di kabin, tidak pernah ada kendala terlalu sempit dll. Pastikan saja kalian menggunakan covernya karena maskapai mewajibkan menggunakan cover dan pastikan masuk lebih awal, menjamin ruang anda kosong - menghindari tipe orang yang travel tapi membawa banyak sekali barang masuk ke kabin dan mengambil jatah orang lain.


Desainnya Bagus

Sesuai info di awal, desain stroller ini bagus. Mulai dari warna, bentuk dan bahan bagus secara desain. Lalu untuk kualitasnya gimana ? Ehmmm...yuk kita lanjut ke kelemahannya


 

Kelemahan Stroller Hybrid Cabi


Karena ini review jujur atas pemakaian kami selama 4 tahun terakhir maka kami juga akan share sisi kelemahannya. Sebenarnya kelemahannya tidak terlalu banyak, tapi tetap saja menganggu.


Lapisan Kulit Hybrid Cabi Mengelupas

Pada stroller ini, mereka menggunakan lapisan mirip kulit / synthetic leather di beberapa bagian. Di bagian handle, lalu di bagian T, dibagian alas kaki semua dilapisi lapisan kulit imitasi. Kami paham tujuannya adalah untuk memberikan kesan premium dan stylish pada stroller ini, sesuai tujuan utamanya.



Tapi, lapisan kulit ini sangat mudah mengelupas. Di tahun ke 2 kami sudah mulai mendapati lapisan kulit di beberapa tempat pecah/retak. Pertama kami pikir ini sobek karena kesalahan kami namun ternyata tidak, hampir di seluruh tempat mulai menunjukkan gejala sama. Semua lapisan kulit stroller Hybrid Cabi mengelupas.


Lapisan yang mengelupas ini jujur sangat menganggu dan bisa dibilang kelemahan utama Hybrid Stroller Cabi. Kenapa mengganggu ? karena lapisan kulit ini tidak hanya mengelupas tapi juga rontok. Ketika kami pakai di Singapore, stroller ini mungkin bisa dibilang sedang dalam fase "ganti kulit". Bener-bener rontok dimana-mana, dimana pun kami meletakkan stroller pasti ada yang rontok, tidak hanya lapisan kulit di luar yang berwarna coklat tapi juga lapisan di dalam.



Yang paling mengganggu adalah di bagian pegangan atas dan pegangan T. Bisa dibayangkan kalian sebagai ortu harus terus memegang handle, dimana handle itu akan terus rontok di tangan kalian. Pernah suatu waktu, kami sedang penuh keringat karena panasnya Universal Studio, setelah mendorong stroller kami tidak sengaja menghapus keringat pakai tangan, dan...yup rontokan tersebut menempel dengan sempurna di muka kita. Berlaku juga untuk handle bawah dimana ini jadi pegangan si kecil.



Karena penasaran dengan kualitas kulit yang terus mengelupas, kami coba ambil atau potong kulit yang melapisi pegangan T. Dan yupp kami mendapati lapisan yang sangat tipis. Kalau dari kami yang pemula ini, lapisannya ada 3 : lapisan kulit imitasi tipis di luar, lalu ada lapisan mirip lem/busa, kemudian lapisan terakhir seperti suede.



Walaupun mungkin alasan menggunakan material ini adalah untuk menekan biaya atau mungkin mengurangi bobot dan berat stroller sehingga bisa masuk cabin, tapi kami tetap kecewa. Stroller ini awet dari sisi rangka, dari material dudukan juga bagus tidak ada robek dll. Sangat disayangkan penggunaan kulit imitasi yang tujuannya supaya lebih fashionable, malah menjadi kelemahan utama dari Hybrid Cabi ini.


Kami sempat mencari info kesana kemari, untuk melihat apa pemilik hybrid cabi yang lain juga mengalami hal sama. Dan ternyata memang benar, kami coba melihat di marketplace barang second seperti carousell atau olx, dan rata2 mengalami masalah seperti kami, mengelupas.

Mungkin karena banyaknya keluhan, atau bagian dari inovasi, Stroller Hybrid yang baru tidak lagi menggunakan material ini. Salah satu contohnya : Hybrid Stacy


Harga Spare Part dan Perbaikan Mahal

Karena pengelupasan dan perontokan yang super menganggu ini, kami mulai cari cara untuk memperbaikinya, paling tidak mengganti kulitnya. Sayang banget kan, stroller masih bagus banget , cuman rontok aja (mirip iklan shampo ketombe).



Opsi pertama kami coba bawa ke jasa servis stroller, entah kenapa banyak yang tutup dan sudah tidak menerima perbaikan stroller di Jakarta, entah karena sepi atau alasan lain -- peluang bisnis lho bagi yang mau ambil. Kami menemukan satu yang bisa, tidak kami sebut brandnya, tapi tokonya bilang bahwa dia reparasi segala. Tahu berapa harga yang mereka minta untuk perbaikan handle atas bawah beserta dudukan ?

1,3 Juta diluar ongkir dan bisa lebih. What ?!

Sebagai info, stroller ini kami beli di harga sekitar 3,6 juta di tahun 2018. Kalau mereka minta 1,3 berarti sudah skitar 35% sendiri hanya untuk ganti kulit. Kami pun mundur perlahan.


Opsi kedua, kami coba kontak Hybrid Stroller Indonesia, siapa tahu mereka ada servis. Setelah dapat kontak via IG, kami coba kontak servis mereka. Mereka info bahwa mereka tidak bisa mengganti hanya kulitnya saja, tapi harus mengganti sebagai spare part baru. Harganya ?

  • Bagian pegangan T - Rp 350.000

  • Bagian seat - Rp 700.000

  • Bagian handle atas - Rp 500.000 atau dilapisi cover biasa sebesar Rp 250.000

  • Biaya jasa Rp 150.000

Total kalau mau balik lagi Rp 1.700.000 hanya untuk perbaikan kulit, alias 50% dari harga beli

With all respect, ini lebih gak masuk akal lagi dari sisi kami.



 

Kesimpulan & Perbaikan


To be fair, selama memakai Stroller Hybrid Cabi ini dalam 4 tahun terakhir, kami cukup puas. Banyak manfaat yang kami rasakan langsung. Sangat disayangkan memang untuk kelemahan dari kualiatas bahannya, andaikata mereka menggunakan bahan lain yang tidak rontok pasti stroller ini perfect.



Apa kami merekemondasikan Stroller Hybrid Cabi ?

Jawabanya IYA. Kami masih merekemendasikan stroller ini untuk kalian, stroller ini masih best choice dan best value bagi kami. Perihal kelemahannya, berkat keluarga kami yang suka cari cara sendiri karena penasaran, kami berhasil memperbaikinya sendiri dengan biaya sangat kecil.


Di post berikutnya akan kami share Cara memperbaiki sendiri dan mengatasi kelemahan Hybrid Cabi - DIY. Ditunggu ya !






bottom of page