top of page

Ulasan Kelebihan Kelemahan Kurumi KV 01 | Solusi pembasmi tungau ?

"Kamu tidak tahu apa yang akan kamu dapatkan sampai kamu membersihkan kamar dan ranjangmu"

Di suatu pagi yang cerah, kami sedang bersantai riang menikmati kopi dan sarapan sambil pasang music pagi, ah menyenangkan. Namun ini tidak bertahan lama, si kecil tiba2 datang dan terus memegang betisnya, setelah dilihat, yup ada bentol-bentol besar di kakinya, dengan warna pink menawan. Ini adalah cerita tahun lalu dimana si kecil belum setahun, dan bisa dibayangkan kepanikan ortu.


Setelah menghubungi dokter online kanan kiri beserta pencarian informasi yg tanpa henti ke para dokter profesional (yang ini bohong), akhirnya kami tahu bahwa dia terkena bed bugs/tungau. Yak permasalahan sama yg dialami oleh mama si kecil beberapa waktu sebelumnya, sebuah benjolan hasil gigitan tungau yang berujung ditutup dengan concealer ketika berangkat ke kantor. Yak, para moms, concealer is your best friend, really.


Salah satu solusi tungau adalah dengan menggunakan jasa vakum ranjang. Mereka menggunakan vakum besar dan debu-debu langsung tersedot ke dalam tempat penampungan berisi air. Puas sekali melihat hasilnya. Ranjang terasa bersih dan nyaman kembali setelahnya. Biayanya mulai 100ribu ke atas tergantung ukuran ranjang. Sebenarnya biaya segitu tidak terlalu mahal. Masalahnya kalo ada alergi debu atau tungau dan harus sering-sering panggil, boncos juga ya. Karena mereka ada ongkos transport juga untuk ke rumah klien dan harus antri juga. Apalagi di saat pandemi begini, parno juga kalau ada orang luar keluar masuk kamar tidur kita kan?

.

Kurumi KV01 Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner


Kurumi KV01 ini merupakan salah satu jenis vakum ranjang dari Kurumi Indonesia yang dilaunching pada tahun 2018. Di awal kemunculannya, vakum ini hype banget, sampe harus PO beberapa lama.


Kata beberapa orang "Kamu tidak tahu apa yang akan kamu dapatkan sampai kamu membersihkan kamar dan ranjangmu" dan ternyata benar 100%. Pertama beli alat ini langsung di test di ranjang kami, ranjang si kecil, ranjang kamar tamu dan juga sofa. Hasilnya ? apabila kalian tahu rasa percampuran antara puas dan malu, itulah yg kami dapat. Debu menempel tebal di filter !!!



Mengutip dari situs mereka, berikut beberapa fitur penting yang berguna untuk di share dengan kalian :


Anti Bacterial UV Light

Kurumi KV 01 dilengkapi dengan Type UVC Light yang sangat efektif untuk membasmi mikrobakteri dan tungau yang terdapat di sekitar rumah. Lampu UV akan mensterilkan tungau dengan mengubah DNA mereka sehingga tidak dapat berkembang biak.


Untuk lampu UV sendiri yang kami tahu ada versi yang lampu tidak menyala ketika posisi vertikal, sedangkan yang kami miliki sudah versi upgrade sehingga bisa untuk vertikal, contoh : membersihkan gorden.


Advanced HEPA Filter

Teknologi filter biasa hanya mampu menyaring kotoran berukuran besar, dengan HEPA filter, mikropartikel yang tidak kasat mata dapat terhisap sempurna sehingga hasil akhir lebih sempurna.


Setelah pemakaian, kami sarankan untuk selalu membersihkan bagian busa karena di sanalah tempat debu menempel. Busa dapat dicuci dan dikeringkan lalu ditempatkan kembali ke dalam alat. Sedangkan untuk hepa filter cukup diketok-ketok saja atau disikat dengan sikat kering yang lembut. Tidak disarankan untuk menyiram atau mencuci filter karena akan mengurangi kemampuan sedot debunya. Hal ini berlaku untuk semua hepa filter yah. Sedangkan bagian lain cukup dilap dengan tisu basah.


Turbo Brush

Turbo Brush dapat membersihkan debu dan kotoran lebih efektif dengan getaran dan gerakan berputar dalam kecepatan tinggi. Untuk memudahkan mengangkat rambut dan bulu/benda halus yang menempel pada kain. Sangat cocok untuk membersihkan karpet dan bulu binatang peliharaan yang menempel pada permukaan sofa dan kain.



Desain Kurumi KV O1


Dari sisi desain, sesuai info diatas Kurumi KV 01 yang kami miliki adalah edisi baru berwarna Rose Gold, dan dari sisi desain sangat menarik. Kualitas material atau built quality dari alat ini menurut kami juga cukup baik, sama seperti alat-alat sejenis berbahan dasar plastik keras.

Alat ini juga nyaman digenggam ketika membersihkan ranjang atau sofa, ataupun boneka si kecil. Alat ini sangat simple dan mudah digunakan, silahkan kalian colok ke listrik dan hidupkan melalui tombol diatas. Untuk pengaturan power sendiri sayanganya hanya bisa 1 level.



Dari sisi dust bin atau tempat pembuangan sampah juga sangat mudah, kalian tinggal menarik ke atas dan semua debu akan menempel pada filter yang disediakan, silahkan langsung diproses untuk dibersihin. Kurumi ini juga menyediakan cadangan filter apabila filter kalian mulai rusak dan tidak bisa dipakai. Untuk kami sendiri sejauh ini belum pernah mengganti filter dan masih bisa dibilang ok.




Satu yang mungkin perlu diperhatikan juga, masalah suara. Pertama kami menggunakan alat ini, dalam hitungan detik si kecil langsung kabur karena takut. Suaranya kami akui cukup bising, namun kalian akan terbiasa seiring berjalannya waktu, demikian juga si kecil, sekarang dia sudah semi kebal untuk suaranya.

Ketika alat ini dinyalakan, kalian bisa melihat ada indikator di tepi alat yang akan menyala, dan angin akan keluar di bagian belakang alat. Lampu UV baru akan menyala ketika alat ini menempel di permukaan, jadi apabila kalian ingin gunakan lampunya untuk mendeteksi uang palsu, agak susah.




Kami sudah menggunakan vakum ini sejak Maret 2020, tepat sebelum PSBB diterapkan di Indonesia. Dan sejauh ini kami sangat puas dengan performa alat ini. Kami tidak perlu lagi sering-sering memanggil jasa vakum ke rumah. Segala jenis kasur, sofa, boneka, gorden bisa kami vakum sendiri kapan saja kami mau.


Vakum atau alat ini juga berguna bagi keluarga kami ketika harus travel dan menginap di hotel selama pandemi. You know, kasur hotel mungkin bukan sesuatu yang ramah dengan kondisi sekarang dan Kurumi KV 01 ini menjadi salah satu solusinya, paling tidak membuat hati tenang (sedikit).


Kesimpulan, kelebihan, dan kekurangan Kurumi KV 01



Kelebihan Kurumi KV 01:

  • Desain menarik dan mudah digunakan

  • Multi fungsi : ranjang, sofa, gorden, boneka, dll

  • Harga cukup terjangkau sekitar 899ribu

  • Tempat penampungan debu cukup besar dan filter cukup mudah dibersihkan

  • UVC light


Kelemahan Kurumi KV 01:

  • Masih menggunakan kabel sehingga sedikit ribet kalau colokan terlalu jauh dari ranjang

  • Hanya memiliki 1 level untuk kekuatan hisap

Demikian ulasan kami mengenai vakum ranjang Kurumi KV 01. Semoga ulasan ini berguna dan semoga bagi kalian yang memiliki buah hati bisa terbebas dari tungau dan segala macam kutu ranjang. Ranjang bersih, sofa bersih, yuk tiduran lagi...


bottom of page