top of page

Ulasan Kelebihan dan Kelemahan UV Care | Apakah kita perlu sterilizer UVC ?

Updated: Feb 7, 2021

Radiasi UVC teleh terbukti efektif digunakan selama beberapa tahun terakhir untuk menanggulangi penyebaran bakteri, seperti tuberculosis. Karenanya, lampu UVC sering kali dianggap lampu "pembasmi bakteri". ~ FDA


Di tengah kondisi pandemi seperti ini, dimana semua orang berjuang untuk tidak terinfeksi virus, sebuah alat disinfektan adalah sesuatu yang paling dicari. Dimulai dari tren di bulan Maret 2020 dimana hand sanitizer menjadi salah satu barang yang paling dicari, diburu oleh seluruh netizen Indonesia. Penelitian berlanjut mengikuti kebutuhan alat pembunuh virus yang juga berlanjut, terlebih banyak sekali orang yang komplain dengan hand santizer, alat alternatif lain mulai diburu.


Beberapa kelemahan hand sanitizer menurut yang kami dengar dan alami :

  • Bikin tangan kering bok, masak kita harus beli hand sanitizer sambil beli hand cream terus

  • Hand sanitizer kalau yang bukan bentuk liquid lama keringnya, sebelum kering tangan udah gatel pingin cuci

  • Engga bisa buat gadget, hp, dan benda2 lainnya yang juga berisko. Ya masak iya hp udah mahal-mahal beli sampai lebih dari gaji dikasi hand sanitizer di atasnya, engga tegaa kak

Nah para netizen pun mulai mencari solusi untuk masalah-masalah ini, dan munculah UV Sterilizer.


Apa itu UV Sterilizer ?

Menurut kakak Wiki (bukan Wiryawan), Ultraviolet germicidal irradiation (UVGI) adalah metode disinfektan yang menggunakan cahaya short-wavelength ultraviolet (ultraviolet C atauUV-C) untuk membunuh micro organisme dengan cara menghancurkan asam utama dan meruskan DNA mereka sehingga menyebabkan mereka tidak berfungsi. Hal ini sekarang menjadi tren baru untuk digunakan dalam beragam objek seperti makanan, gadget, air, dll.

Nah kali ini kami mau mencoba memberikan salah satu alat UV Sterilizer yang sedang banyak digunakan : Review UV Care Pocket Strelizer


 

Review UV Care Pocket Strelizer



UV Care Pocket Sterilizer adalah salah satu produk dari UV Care, sebuah perusahaan asal Filipina. Dari situs resmi mereka mengklaim bahwa produk mereka dapat membunuh 99% virus dan bakteri, serta telah diuji klinis. Mereka menawarkan banyak sekali pilihan sterilizer untuk beragam kepentingan.

Produk ini mulai ramai dipasarkan di Indonesia karena kabarnya efektif membunuh virus terutama di gadget dan aman untuk bayi, jadi para ibu bisa menidurkan anaknya sambil lanjut nonton drama korea tanpa takut hp-nya mengandung virus berbahaya.


Desain UV Care Pocket Strelizer

Sekarang kita mulai dari desain terlebih dahulu. Dari sisi desain, kami akui ini produk ini memiliki desain yang bagus, simple, minimal dan putih. Dapat dilihat di foto untuk ukuran perbandingan, produk ini memiliki ukuran lebih kecil dari iphone 5, sehinnga sangat pas untuk masuk ke kantong dan tas.

UV Care Pocket Strelizer ini memiliki dimensi 12cm x 3cm x 2cm, sangat kecil dan nyaman di tangan, sistem buka tutupnya menggunakan sistem flip dan entah kenapa ini mengingatkan kami akan hp Motorola yang terkenal di jamannya dan kabarnya mau di keluarkan lagi versi barunya. Di sisi atasnya UV Care Pocket Strelizer memiliki lekukan-lekukan minimalis yang memberikan kesan mewah dengan logo UV Care di bagian atas berwarna biru.



Seperti impresi kami di awal, UV Care Pocket Strelizer ini simple, tombol on dan off akan diletakkan di sisi samping sehingga memudahkan apabila anda akan menyalakannya dengan jempol anda. Cara menyalakannnya juga hanya dengan menekan selama beberapa detik dan sinar UV pun akan mulai menyala.

UV Care Pocket Strelizer ini juga dilengkapi dengan USB charge sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai, kabel charger hp anda beserta power bank yang ada di tas anda siap menjalakan tugasnya. Satu hal yang membuat kami terkesan adalah lampu akan mati secara otomatis ketika posisi lampu dibalik ke atas. UV sterilizer tidak disarankan untuk terkena kulit secara langsung, ataupun terkena mata, sistem seperti ini akan sangat membantu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Namun sesuai dengan pengalaman kami, anda akan sedikit kesulitan menggunakannya di tempat yang sangat terang, entah itu di area outdoor atau di area yang banyak cahaya. Hal ini karena sinar UV tidak akan terlihat jelas, sehingga anda harus memastikan dengan sedikit memiringkannya untuk mengetahui apakah sinar UV sudah bekerja atau menyala.


Build Quality - Kualitas Material UV Care Pocket Strelizer


Dari sisi build quality atau kualitas material, disini kami menemukan kelemahannya. Memang secara desain bagus namun ketika anda pegang dan rasakan, akan terasa bahan plastik yang tidak terlalu bagus. Plastik yang digunakan bukanlah plastik dengan berkualitas, namun sebaliknya, rasa ringkih terasa kental. Apabila anda memiliki power bank yang banyak dijual di pasaran dengan harga sekitar 100rb, kurang lebih seperti itu materialnya, tidak terlalu bagus dan terkesan ringkih.


Kesimpulan, kelebihan, dan kekurangan UV Care Pocket Strelizer



Kami menggunakan produk ini sehari-hari untuk steril berbagai barang seperti hp, laptop, kunci dan alat-alat bayi kami (bukan botol susu dan alat makan). Karena keterbatasan alat kami tidak bisa memastikan apakah UV ini benar-benar bekerja membunuh virus, namun berikut adalah kelebihan dan kelemahan dari UV Care Pocket Strelizer


Kelebihan UV Care Pocket Strelizer :

  • Desainnya bagus dan minimalis

  • Ukurannya kecil, mudah dibawa kemana-mana dan sangat handy

  • Auto Off ketika berada di posisi menghadap ke atas, menghindari dari kontak ke mata atau kulit

  • Harga tidak terlalu mahal apabila produk ini benar bekerja sesuai yang diharapkan, kurang lebih sekitar Rp 400 ribuan. Anda dapat dengan mudah menemukannya di online store pilihan anda.

Kelemahan UV Care Pocket Strelizer :

  • Sinar tidak terlalu kelihatan di area yang sangat terang

  • Build quality tidak terlalu bagus dan agak terkesan ringkih


Berikut ulasan kami dari UV Care Pocket Strelizer, semoga membantu dan sampai jumpa di ulasan berikutnya. Salam sehat selalu


 

Bình luận


bottom of page