top of page

7 Rekomendasi Tempat Aktivitas & Hiburan Anak di Bali - Cerita Pindah Sementara ke Bali Bagian 2

Updated: Apr 22, 2022

"Kalau kita pergi kemana pun dengan si kecil, melihat wajahnya bahagia bermain sana sini bisa langsung bikin kita senyum-senyum sendiri"

Salah satu yang biasanya, atau setidaknya dari kami, para ortu cari sebelum liburan atau ke luar kota adalah hiburan apa atau aktivitas apa yang bisa dilakukan anak mereka disana. Apalagi kalau yang diajak anak toddler atau balita, dijamin ortu akan langsung mengeluarkan kekuatan Instagram dan google untuk mencari tempat dimana anak bisa menghabiskan waktunya.



Sangat beralasan menurut kami, bayangkan ketika kalian membawa anak kecil untuk travel ke suatu tempat dan itinerary kalian isinya hanya club / cafe kekinian atau tempat shopping hits buat foto-foto, dijamin deh anak kalian tidak bisa menikmati itu semuanya. Di usia mereka yang masih dibawah 5 tahun, mereka tidak tertarik dengan sesuatu seperti itu, yang mereka inginkan hanya satu - MAIN dan MAIN.


Sedikit cerita pengalaman kami. Beberapa minggu lalu, di suatu siang yang terik di Bali, kami sebagai ortu pingin makan siang di luar, ceritanya pas lagi sewa mobil rental kemarin jadi sayang kalau engga dipakai. Tibalah pilihan kami untuk mencoba cafe yang lumayan populer di Bali, cafe Milk & Madu, pinginnya sih mau mencoba makanan kekinian dan menikmati suasananya. Siang itu cafenya tergolong ramai, banyak pengunjung dengan aneka macam kepentingan datang ke sana, kami pun mengajak si kecil untuk duduk di pojokan - menghindari kerumunan ceritanya - maklum masih pandemi. Melihat suasana seperti itu, ramai orang kesana kemari, suara aneka bahasa, dan ortunya sibuk scan barcode untuk akses menu, membuat si kecil langsung BETE!


Tampak jelas dari raut mukanya bahwa dia tidak nyaman berada disana, selain tidak ada yang menarik, melihat dan mendengarkan aneka macam hal di sekitarnya membuat dia semakin bosan dan bosan. Kami pun mencoba membangkitkan semangat dia, dengan memberi kertas dan bolpen supaya dia mau coret-coret, tapi itupun tidak terlalu berhasil. Sampai kami mendapati bahwa cafe ini memiliki playground di area belakang yang baru kami lihat. Masih sepi dan sepertinya bagus. Kami pun memberi tahu si kecil bahwa ada playground dan menawari apa dia mau kesana.


Bagai ibu-ibu yang mendengar bahwa minyak goreng sudah ada lagi di supermarket terdekat, mood si kecil langsung naik berkali-kali lipat. Mulailah dia bermain sini dan sana, berusaha meluapkan perasaan gembiranya. Dan bisa ditebak memang ujungnya adalah dia ingin main terus dan harus berantem supaya dia mau diajak makan. Itulah anak kecil, yang mereka inginkan hanya satu - Bermain.


7 Rekomendasi Tempat Aktivitas & Hiburan Anak di Bali

Sebelum kami berangkat ke Bali, kami juga sama seperti kalian, kami terus mencari tempat aktivitas dan hiburan anak di Bali. Sebagian besar dari beberapa rekomendasi tersebut sudah kami kunjungi dan kali ini kami rangkum untuk kalian ya sekaligus rekomendasi bagi kalian, termasuk plus minus dari setiap lokasi. Sekedar catatan kami tidak sempat foto di beberapa tempat, hanya beberapa tempat saja kami foto langsung sisanya akan kami gunakan foto asli dari mereka.


PARKLIFE CANGGU - Bersantai sekeluarga di taman dengan aneka aktivitas.

Sumber : Instagram @parklife_bali


Parklife Canggu Bali adalah salah satu tempat populer bagi kalian yang bawa anak di Bali. Disini si kecil bisa bermain aneka macam mainan baik di indoor maupun di outdoor. Di area outdoornya cukup luas dan memiliki aneka macam permainan untuk aktivitas anak. Sedangkan di area indoornya terdapat playground dan mandi bola pada umumnya.


Sumber : Instagram @parklife_bali

Menurut kami, Parklife Canggu ini keunggulan utamanya ada pada area outdoornya. Sayang waktu kami datang hujan sehingga si kecil tidak bisa terlalu lama main di area outdoor. Tapi memang bagus, luas dan mereka menyediakan aneka macam mainan, bean bag untuk santai, area duduk untuk santai, ataupun cafe - bagi para ortu yang penat ngurusin si kecil berhari-hari - anak senang, ortu senang. View-nya pun tidak kalah kece, di sebelah bangunan ini langsung berhadapan dengan sawah, jadi kebayang kalau pas sunset, wah bakal kece banget. Apabila anak kalian penyuka kegiatan outdoor, maka tempat ini wajib banget kalian datangi. Sedikit saran, apabila kalian mau bersantai akan lebih baik datang pagi atau sore hari.


Kelebihan / Nilai Plus - Parklife Canggu
  • Lokasinya gampang dicari, di tengah Canggu

  • Ada opsi outdoor dan indoor

  • Area outdoornya bener-bener enak bagi si kecil dan ortunya, apalagi kalau tidak hujan

  • Cafe cukup enak

  • Di

  • sediakan aneka bean bag untuk kalian santai bersama si kecil

  • Opsi permainan banyak baik outdoor maupun indoor

Kelemahan / Nilai Minus - Parklife Canggu
  • Walaupun lokasinya gampang dicari, aksesnya tidak terlalu bagus karena kalian harus melewati jalan sempit. Namun tidak terlalu masalah karena di dalam area parkir cukup luas

  • Toiletnya tidak terlalu bersih. Tapi mungkin ini adalah hal yang wajar mengingat area utama adalah area outdoor

  • Area indoor agak kotor dan berbau tidak sedap. Berbeda dengan playground biasa, di area indoor ini anak kecil dan pengantar tidak diharuskan memakai kaus kaki. Di area indoor ini juga kerap kali digunakan sebagai area duduk2 para babysitter / nanny dari anak yang main disana sehingga ketika kami datang penuh sesak dengan para nanny.

PARKLIFE BALI - CANGGU

Alamat

​Jl. Raya Uma Buluh No.15, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Instagram

​@parklife_bali

Website

www.parklifebali.com


 

TAMORA GALLERY - Bermain dan berbelanja di komplek dengan desain kekinian.

Sumber : Instagram @tamoragallery


Tamora Gallery Bali adalah salah satu tempat lainnya bagi kalian yang mau mengajak anak bermain di area outdoor. Tamora Gallery ini sebenarnya menurut kami merupakan komplek co-working atau co-working space dimana di dalamnya terdapat aneka macam bisnis dan resto. Namun diantara komplek tersebut terdapat area playground di bagian tengah yang mana bisa kalian gunakan secara Gratis!


Waktu itu kebetulan kami datang di hari Minggu, dan sedang ada event semacam family day disana dimana main eventnya adalah story-telling atau dongeng. Bagus juga menurut kami, karena selain si kecil bisa menikmati area outdoor dan main sepuas hati, dia juga bisa mendengar dongeng yang dibawakan. Bagi kalian yang anaknya suka skate, disini juga disediakan skate arena. Salah satu hal yang kami suka dari Tamora Gallery adalah dari desain dan konsepnya, mulai dari area store dengan konsep urban yang unik hingga area playground yang benar-benar beda dengan playground lain. Tidak hanya itu, dikarenakan mereka komplek dengan aneka macam toko, kalian juga bisa melihat dan belanja aneka macam barang, mulai dari makanan, fashion hingga mainan anak. Kami sudah coba salah satu resto disana yang menyediakan macam burger dan all day breakfast, dari sisi kualitas cukup enak.


Sumber : Instagram @tamoragallery


Kelebihan / Nilai Plus - Tamora Gallery
  • Lokasinya gampang dicari.

  • Konsep komplek yang unik dan desain yang bagus

  • Area playground yang cukup luas dengan aneka macam kegiatan di dalamnya

  • Memiliki area pertokoan dan resto untuk belanja

  • Gratis tanpa biaya

Kelemahan / Nilai Minus - Tamora Gallery
  • Area parkirnya walaupun luas namun diletakkan di bangunan yang belum jadi, dimana kami agak khawatir mengenai faktor keselamatannya

  • Hanya ada playground outdoor dan kebetulan waktu kami kesana hujan deras setelah 1 jam, jadi semua aktivitas berhenti. Akan lebih baik kalau ada opsi playground indoor

  • Beberapa mainannya agak kurang terawat dan membutuhkan perawatan lebih lanjut atau pembersihan.

TAMORA GALLERY

Alamat

​Jl. Pantai Berawa No.99, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Instagram

​@tamoragallery

Website

www.tamoragallery.com/


 

MILK & MADU - Main dan makan di salah satu cafe terbaik di Bali.


Sumber : Instagram @milkandmadu

Apakah kalian sebagai ortu pingin mencoba ke cafe-cafe di Bali, menikmati suasana, berfoto ria untuk bahan Instagram kalian, dan mencoba makanan-makan yang baru ? Eh tapi kok si kecil belum tentu mau ya? Yak cafe Milk & Madu jawabannya. Disini kalian bisa mencoba makanan mereka yang enak, berfoto ria, menikmati suasana cafe dan memberikan senyum ke si kecil karena dia punya area mereka, area bermain.


Milk and Madu sebenarnya adalah cafe yang ada di beberapa tempat di Bali. Kami pernah mencoba beberapa kali, dan kalau dari sisi makanan cukup enak dengan aneka macam varian. Untuk makanannya sendiri lebih condong ke style western food, alias makanan barat. Tempatnya memang nyaman, ramai, tapi tidak ber-AC karena memang konsepnya semi outdoor. Untuk area bermain atau playground tidak sama antara satu cabang dengan lainnya, tapi kurang lebih mirip.



Sumber : Instagram @milkandmadu

Kelebihan / Nilai Plus - Milk and Madu Cafe Bali
  • Makanan dan suasananya enak

  • Playgroundnya bersih dengan konsep yang bagus

  • Lokasinya gampang dicari dan parkir luas

Kelemahan / Nilai Minus - Milk and Madu Cafe Bali
  • Karena playground ini bukan produk utama dari mereka, maka pilihan mainannya terbatas. Sehingga apabila kalian datang di jam sibuk/ramai, maka anak kalian harus bersiap untuk berdesakan.

  • Mungkin karena target pasar mereka bukan wisatawan lokal, harga yang ditawarkan untuk makanan terbilang agak mahal.

MILK & MADU CAFE BALI

Alamat

Cabang : Berawa, Ubud, Canggu

Instagram

​@milkandmadu

Website

www.milkandmadu.com/


 

GARUDA WISNU KENCANA (GWK) Bali - Bermain sambil belajar budaya


Sumber : www.gwkbali.com


Apabila kalian adalah tipe ortu yang suka mengajarkan budaya kepada anak, inilah tempat kalian di Bali. Kita tidak akan membahas terlalu detail mengenai GWK Bali karena mungkin hampir semua pembaca blog ini tahu akan GWK Bali, namun kita akan membahas anak kalian bisa apa saja sih disini ?



Sumber : www.gwkbali.com


Banyak yang kalian bisa dapatkan disini ketika mengajak anak kalian main kesini. Pertama, mereka akan mengenal yang namanya PATUNG GEDE BANGET, yup si kecil hanya melongo ketika dia pertama kali melihat patung GWK dari dekat, setelah itu gantian papa mamanya yg juga ga kalah kagum. Kedua, dia bisa melihat aneka budaya melalui event yang ditawarkan seperti tari kecak. Ketiga, di area tengah mereka menyediakan aneka macam sepeda, segway/scooter electronik dan lain-lain yang bisa kalian sewa untuk dipakai di area tengah. Kami juga mencobanya, seru! dan yang pasti areanya luas.



Sumber : www.gwkbali.com


Kelebihan / Nilai Plus - Garuda Wisnu Kencana GWK Bali
  • Tempatnya luas banget, parkir juga mudah

  • Terdapat golf car bagi kalian yang malas jalan kaki untuk naik ke atas

  • Salah satu tempat terbaik untuk mengajarkan budaya kepada si kecil

  • Lokasinya gampang dicari dan di tengah jalan besar

  • Lokasi bermain sepeda atau e-scooter cukup luas

  • Area publiknya rapi dan bersih

Kelemahan / Nilai Minus - Garuda Wisnu Kencana GWK Bali
  • Dari sisi biaya agak tinggi menurut kami. Dengan paket yang ditawarkan kalian hanya mendapat view patung hingga masuk area dasar. Untuk naik keatas ada biaya tambahan lagi.

  • Arahnya tidak terlalu jelas, menurut kami agak dipaksakan rutenya supaya diharap turis bisa melihat semua namun konsekuensinya kalian dibawa berputar-putar, apabila anak kalian masih kecil kami sangat sarankan menggunakan stroller.

GARUDA WISNU KENCANA GWK BALI

Alamat

Uluwatu St, Ungasan, South Kuta, Badung Regency, Bali 80364

Instagram

​@gwkbali

Website

www.gwkbali.com


 

BALI SAFARI & MARINE PARK BALI - Mengenal dan bermain dengan aneka satwa


Sumber : www.balisafarimarinepark.com


Taman Safari, semua orang mungkin tahu taman safari karena sudah bertahun-tahun lamanya ada di Indonesia. Bagi kalian yang masih belum tahu, di Bali juga ada lho taman safari dimana kalian sekeluarga bisa wisata sambil melihat aneka satwa dari berbagai negara di dunia. Supaya kalian tidak bingung, di Bali untuk melihat binatang seperti ini ada 2 : Bali Zoo dan Bali Safari & Marine Park. Keduanya tidak sama. Pada awalnya kami mengira keduanya sama, namun setelah kami check ternyata keduanya sangat berbeda. Di rekomendasi kali ini kami mengulas Bali Safari, kenapa ? Simple, karena kami belum pernah ke Bali Zoo.



Sumber : www.balisafarimarinepark.com


Pengalaman kami di Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari Bali sebenarnya cukup seru dan menyenangkan, cuman satu yang mungkin bikin ga terlalu lama betah disana adalah panasnya luar biasa. Mungkin kami apes karena datang di saat panasnya luar biasa, jadi berdiri biasa liat satwa saja sudah keringatan. Payung, sunblock dan topi adalah investasi kalian. Tapi overall pengalaman kami dengan si kecil menyenangkan. Di sana kalian akan diajak berkeliling dengan mobil mereka untuk melihat satwa, bukan dengan mobil pribadi kalian seperti taman safari lainnya. Bisa dimaklumi, karena kalian akan dibawa melewati aneka macam medan yang tidak semua mobil bisa lewat.


Sumber : www.balisafarimarinepark.com


Di taman safari Bali ini kalian juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berikut :

  • Makan di resto sambil melihat singa. Mungkin ini bisa dikatakan pembalasan singa, karena biasanya dia yang dikurung, kita melihat dari luar. Kali ini kita yang di di dalam, dia di luar. Makananya juga cukup enak di resto ini

  • Membuat kertas dari poop gajah. Well, kami rasa tidak perlu menjelaskan lebih lanjut

  • Masuk berinteraksi dengan berbagai hewan kecil seperti ayam, kelinci dll.

  • Menikmati aneka show yang ada.

  • Berfoto bersama dengan aneka burung. Di area ini jangan kaget ketika kalian akan foto keluarga kalian dengan hp, datanglah fotografer berbayar yang akan langsung menutup area kamera kalian. Dan dengan senyum cerah menawarkan anda untuk membeli fotonya di counter sebelah. No, we are good!

Kelebihan / Nilai Plus - Bali Safari & Marine Park
  • Tempatnya luas banget, mudah dicari, parkir juga mudah

  • Harga relatif tidak mahal dibanding dengan yang didapat, kami beli dari marketplace

  • Ada persewaan stroller bagi kalian yang membawa bayi atau anak kecil. Digendong saja cukup ? Siapkan tangan dan stamina kalian.

  • Petunjuk dan map lengkap, offline dan online

Kelemahan / Nilai Minus - Bali Safari & Marine Park
  • Kalau dibanding dengan taman safari lainnya, misal taman safari Bogor. Ragam hewannya lebih sedikit, namun mungkin juga karena ini di daerah panas sehingga tidak semua hewan bisa.

  • Karena kalian tidak menggunakan mobil pribadi, konsekuensinya adalah kalian tidak bisa melihat lebih lama di hewan yang kalian suka. Mobil hanya berhenti beberapa detik saja di setiap area

BALI SAFARI & MARINE PARK

Alamat

Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.km 19, Serongga, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80551

Instagram

​@balisafari

Website

www.balisafarimarinepark.com


 

KIDS CLUB HOTEL - Manfaatkan fasilitas hotel kalian.


Sumber : www.melia.com


Seperti kami cerita sebelumnya bahwa kami tinggal di Bali berpindah-pindah, antara vila dan hotel. Apabila kalian tinggal di hotel yang menyediakan kids club, maka kalian wajib dan wajib kunjungi. Beberapa minggu lalu kami menginap di Hotel Melia Nusa Dua, hotelnya cukup bagus dan lebih bagus karena kami mendapat best value deal.



Sumber : www.melia.com


Kami harus akui bahwa kami terkesan dengan Kids Club Hotel Melia Bali. Kami menginap 2 hari disana, kami kesana setiap hari, pagi-sore tanpa absen. Gimana tidak, disana kami rasa adalah area surganya anak-anak, buktinya ?

  • Anak kalian suka kegiatan outdoor ? ada area yang luas baut bermain di tengah rumput dan aneka bola

  • Suka nonton ? Ada movie time setiap sore dimana kalian bisa menonton gratis bersama anak lain sambil menikmati popcorn gratis

  • Suka baca ? ada banyak buku di area indoor.

  • Suka menyusun balok ? Suka main boneka ? Suka main peran ? Suka mainan edukasi anak ? semua ready di area indoor.

  • Atau suka aktivitas khusus ? well mereka juga memberikan aneka aktivitas, mulai dari belajar membuat mahkota dari daun sampai yoga (yang ini putri kami coba ikut di 2 menit pertama sebelum kabur ke area lain)

Hampir semua yang anak kalian butuhkan, atau yg dibutuhkan untuk mengalihkan mereka dari youtube ada disana. Dan poin plus lainnya adalah mereka memiliki miss atau nanny disana yang terus memantau anak kalian, jadi super safe.


Sumber : www.melia.com


Tidak hanya Melia kami rasa, pasti banyak hotel lain yang memiliki kids club. Apabila hotel kalian menyediakan, masukkan sebagai checklist untuk dikunjungi. Untuk kelebihan dan kelemahan karena sampai saat ini hanya pernah merasakan kids club Melia sepanjang di Bali, maka kami akan membahas kelebihan kelemahan di Melia Kids Club.


Kelebihan / Nilai Plus - Kids Club Hotel Melia Bali
  • Sangat lengkap di area indoor dan outdoor.

  • Hampir semua tipe mainan maupun edukasi ada

  • Banyak event dan aktivitas yang ditawarkan seperti melukis, menganyam, yoga, dll

  • Miss atau nanny sangat baik dan perhatian

  • Di area indoor juga disediakan toilet anak yang bersih dan rapi


Kelemahan / Nilai Minus - Kids Club Hotel Melia Bali
  • Kami tidak merasa ada hal yang minus dari Kids Club ini tapi satu hal yang mungkin bisa jadi saran adalah pada jam operasionalnya. Jam mereka hanya dari jam 10 pagi sampai sekitar 5 sore untuk area indoor. Akan lebih baik apabila jam di pagi hari bisa lebih pagi.

KIDS CLUB HOTEL MELIA BALI

Alamat

Kawasan Wisata ITDC Lot 1, Jl. Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363

Instagram

​@meliabali

Website

www.melia.com


 

PANTAI & PANTAI - Aktivitas wajib di Bali



Yup, pantai, pantai dan pantai. Spot wajib bagi kalian yang mengunjungi Bali. Tanyalah kepada 10 orang teman kalian alasan mereka pergi ke pantai, mungkin 9 dari 10 orang akan menjawab PANTAI. Tapi memang ini daya tarik Bali, dan yang bikin istimewa pantai satu dengan yang lain tidak sama, semua punya kelebihan masing-masing. Menarik ya ?!


Kami sendiri selama di Bali mengunjungi 3 pantai. Pantai seminyak, pantai nusa dua dan terakhir pantai melasti, jadi bisa dibilang kami mengunjungi pantai barat - timur - selatan Bali. Kita ulas sedikit ya kelebihan dan kelemahan pantai-pantai itu.


Ulasan kelebihan dan kelemahan Pantai Seminyak - Batu Belig :
  • Pantai cukup bersih

  • Ombaknya tidak terlalu besar

  • Tesktur pasir agak kasar

  • Kalau butuh bersih-bersih, sepertinya toilet umum agak kotor. Kami hanya melihat sekilas

  • Banyak beach club, resto maupun cafe

  • Area ini ramai dikunjungi turis asing dan lokal. Di waktu sore cukup ramai orang olah raga, main ombak, ataupun sekedar jalan dengan anjing kesayangan.

Ulasan kelebihan dan kelemahan Pantai Nusa Dua :
  • Pantai cukup bersih, namun kalau sore/surut tidak terlalu bersih

  • Ombaknya cenderung kecil

  • Tesktur pasir kasar karena bercampur dengan aneka macam kerikil

  • Area ini merupakan area tertutup bagi pengunjung hotel sehingga tidak terlalu ramai, akses untuk membersihkan diri banyak sekali dan bagus. Perihal makanan hanya yang disediakan dari hotel saja

  • Di area ini terdapat beberapa penjual mainan anak, aksesoris dll yang agak sedikit mengganggu karena beberapa dari mereka memaksa

Ulasan kelebihan dan kelemahan Pantai Melasti :
  • Pantainya agak bersih dan cenderung mulai kotor karena banyak yang seenaknya membuang sampah di pantai

  • Ombaknya cenderung besar

  • Tesktur pasir halus

  • Memiliki area kebersihan dan toilet yang cukup bersih

  • Ada beberapa beach club untuk alternatif makanan.

  • Area ini merupakan area publik dimana waktu kami datang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dengan menggunakan bis pariwisata. Satu hal yang biasanya menjadi masalah adalah sampah dan kesadaran membuang sampah


 

Itulah 7 tempat rekomendasi kami untuk aktivitas anak kalian atau si kecil. Semua tempat tersebut telah kami kunjungi dan semua tulisan diatas berdasar pada pengalaman kami pribadi. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian memberikan senyum ceria pada buah hati kalian ya.


Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan kontak kami via Instagram yuk.




Comments


bottom of page